Tujuan dan Prinsip

TUJUAN

  1.  Tujuan Umum

Membantu masyarakat dalam menyiapkan generasi masa depan sejak dini yang berkualitas untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya dan meletakkan  dasar-dasar ke arah perkembangan keimanan dan ketakwaan, akhlakul karimah serta seluruh aspek kepribadian yang diperlukan oleh anak didik.

  1. Tujuan Khusus

Meletakkan dasar-dasar perkembangan anak melalui empat pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dilaksanakan melalui pendekatan learning by playing, belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuhkembangkan keterampilan hidup (life skills) sejak dini.

 

PRINSIP KEGIATAN

  1. Mengembangkan kemampuan anak atas izin Allah secara alamiah sesuai dengan alam anak (bermain sambil belajar).
  2. Berusaha membuat anak senang belajar.
  3. Menggalang kerjasama antara sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah.
  4. Senantiasa terbuka bagi hal-hal yang menunjang pendidikan anak.
  5. Berusaha melengkapi segala kebutuhan yang menunjang pendidikan anak yang diintegrasikan pendidikan Imtaq.
  6. Suksesnya TPA, KB, TK, SD Islam Cahaya Ilmu Semarang, tidak ditentukan banyaknya anak didik, tetapi ditentukan oleh kualitas pendidikan anak didik, sehingga perbandingan pendampingan adalah 3 – 5 anak dengan 1 orang pendidik (Taman Batita), 6 – 9 anak dengan 1 orang pendidik (KB-TK), serta 15-20 anak dengan 1 orang pendidik (SD).
  7. Menciptakan hubungan antara pendidik dan karyawan sebagai team work.
  8. Menyamakan konsep dan persepsi tentang pendidikan anak, dengan cara menghubungkan program pendidikan anak pada konsep pendidikan di dalam keluarga.

PROGRAM LEMBAGA

  1. Taman Pengasuhan Anak (TPA) Islam Cahaya Ilmu, sebagai upaya penanganan dan layanan gizi serta pendidikan pada anak usia 1 – 3 tahun.
  2. Pengasuhan usia Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Islam Cahaya Ilmu, merupakan layanan pendidikan pada anak usia 3 – 6 tahun, dengan mengupayakan optimalisasi potensi-potensi kecerdasan anak, yang saat itu mencapai 50 %.
  3. Sekolah Dasar (SD) Islam Cahaya Ilmu, merupakan pelayanan pendidikan anak usia 6 – 11 tahun sebagai upaya pendidikan lanjut untuk jenjang pendidikan sebelumnya yang bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan berdasar usia perkembangan anak.
  4. Pendidikan dalam keluarga, yang diawali dengan pendidikan untuk orang tua, atau parenting education, karena kami menyadari, bahwa peran keluarga, khususnya orang tua dalam pendidikan anak sangat besar sekali, sekitar 60%, sedangkan sekolah dan lingkungan masing-masing adalah 20%

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *